Bagian-Bagian Penting Dari Surat Lamaran Kerja Yang Harus Diperhatikan

Berikut ini adalah bagian-bagian penting dari surat lamaran yang harus diperhatikan :

A. Informasi Pelamar

Pada bagian atas surat lamaran kerja cantumkan nama lengkap dan gelar, alamat lengkap Anda, nomor telpon Anda, HP dan rumah, alamat email.

B. Tanggal dan Tahun Penulisan Surat Lamaran Kerja

C. Nama pihak yang dituju dan Jabatannya, Nama
Perusahaan dan alamatnya.
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, sedapat mungkin tuliskan nama yang dituju dengan spesifik, hindari menulis surat lamaran yang ditujukan kepada orang yan terlalu umum, misalnya :
Kepada yth Manager HRD , atau Dear Sir or Madam, dsb

Jadi Anda punya tugas untuk mencari tahu nama orang tersebut, Anda bisa cari tahu dengan cara menelepon ke perusahaan tersebut, atau browsing di internet.

D. Salam Pembuka

E. Tuliskan Dimana Anda menemukan iklan lowongan kerja ini dan posisi apa yang Anda inginkan.

F. Perkenalan Diri
Disinilah Anda cantumkan kalimat pertama

G. Tuliskan Kemampuan Anda, Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan dengan Posisi yang hendak Anda lamar. (kalimat kedua seperti contoh diatas)

H. Kesimpulan
Pada bagian ini, Anda sebaiknya mencantumkan kalimat yang menunjukkan keyakinan diri Anda. Misalnya : Berdasarkan fakta diatas, Saya sangat yakin bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan dan bisa bekerjasama dengan rekan-rekan yang lain untuk memajukan perusahaan.

I. Penutup
Ucapakan terima kasih atas kesediaan mereka membaca surat lamaran kerja Anda. Akhiri dengan kalimat, Hormat Saya atau sincerely yours, kemudian tanda tangan Anda dan nama Anda.

Dibawah tulisan nama Anda, tulis : Lampiran : Daftar Riwayat Hidup atau Enclosure : CV