Cara lain untuk memperoleh informasi kerja adalah dengan memanfaatkan relasi yang Anda miliki, bisa teman Anda, saudara Anda, temannya teman Anda, temannya saudara Anda, tetangga Anda, kenalan Anda di sekolah dulu, kenalan Anda waktu sama-sama bertemu waktu melamar kerja, atau Dosen Anda dsb.
Di dalam proses mencari kerja, peranan relasi ini termasuk penting. Relasi ini tidak hanya berguna dalam mendapatkan informasi kerja, namun dapat membantu Anda pada saat menulis surat lamaran kerja dan menghadapai wawancara kerja dan psikotes.
Misalnya, Anda tahu nama manager HRD yang akan menyeleksi surat lamaran kerja, Anda bisa menulis namanya dengan tepat plus gelar-gelarnya, misalnya Anda menuliskan di surat lamaran kepada Bpk. Anton Sudarmo S. Psi, sementara pesaing Anda hanya menuliskan kepada manager HRD di tempat, tentu akan beda nilainya di mata orang yang akan meyeleksi surat lamaran.
Jadi, cobalah kenal banyak orang dan kontak relasi-relasi Anda dimana saja mereka, apalagi dengan kemajuan teknologi, Anda bisa pakai sosial media, misalya facebook atau twitter, email dan lain-lain.
Apa saja keuntungan menggunakan relasi?
1. Tidak semua perusahaan membuka informasi lowongan kerjanya untuk umum. Mengapa demikian? Biasanya karena jumlah karyawan yang dibutuhkan sedikit, atau posisi yang ditawarkan adalah posisi penting, sehingga kurang efisien dari segi waktu dan biaya jika harus melakukan seleksi dalam jumlah besar.
2. Informasi lowongan kerja dari relasi, umumnya lebih dapat dipercaya dan lebih cepat infonya dibandingkan dari lowongan Koran atau yang lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan Anda.
3. Biasanya perusahaan juga lebih suka mempekerjakan orang yang direferensikan oleh orang dalam yang sudah mereka kenal dengan baik dibandingkan harus mencoba mengenal orang baru, terutama untuk posisi yang bersifat umum, misalnya administrasi, namun untuk posisi teknis yang butuh keahlian khusus seperti teknisi, ini belum tentu berlaku.
Di dalam proses mencari kerja, peranan relasi ini termasuk penting. Relasi ini tidak hanya berguna dalam mendapatkan informasi kerja, namun dapat membantu Anda pada saat menulis surat lamaran kerja dan menghadapai wawancara kerja dan psikotes.
Misalnya, Anda tahu nama manager HRD yang akan menyeleksi surat lamaran kerja, Anda bisa menulis namanya dengan tepat plus gelar-gelarnya, misalnya Anda menuliskan di surat lamaran kepada Bpk. Anton Sudarmo S. Psi, sementara pesaing Anda hanya menuliskan kepada manager HRD di tempat, tentu akan beda nilainya di mata orang yang akan meyeleksi surat lamaran.
Jadi, cobalah kenal banyak orang dan kontak relasi-relasi Anda dimana saja mereka, apalagi dengan kemajuan teknologi, Anda bisa pakai sosial media, misalya facebook atau twitter, email dan lain-lain.
Apa saja keuntungan menggunakan relasi?
1. Tidak semua perusahaan membuka informasi lowongan kerjanya untuk umum. Mengapa demikian? Biasanya karena jumlah karyawan yang dibutuhkan sedikit, atau posisi yang ditawarkan adalah posisi penting, sehingga kurang efisien dari segi waktu dan biaya jika harus melakukan seleksi dalam jumlah besar.
2. Informasi lowongan kerja dari relasi, umumnya lebih dapat dipercaya dan lebih cepat infonya dibandingkan dari lowongan Koran atau yang lain. Hal ini tentu sangat menguntungkan Anda.
3. Biasanya perusahaan juga lebih suka mempekerjakan orang yang direferensikan oleh orang dalam yang sudah mereka kenal dengan baik dibandingkan harus mencoba mengenal orang baru, terutama untuk posisi yang bersifat umum, misalnya administrasi, namun untuk posisi teknis yang butuh keahlian khusus seperti teknisi, ini belum tentu berlaku.