Skip to main content

Teknik Menulis Surat lamaran Kerja

Banyak orang yang mengira bahwa setiap surat lamaran kerja yang mereka kirimkan pasti akan dilihat satu-per-satu oleh pihak HRD. Kenyataannya?

Ternyata dari penelitian, 83% dari orang yang menyeleksi surat lamaran kerja dan CV hanya memakai kurang dari 1 menit saja untuk menyortir 1 surat lamaran kerja, artinya tiap surat lamaran kerja yang masuk hanya dilihat sekilas saja.

Nah, bagaimana agar surat lamaran kerja Anda bisa termasuk yang diperhatikan?

Seperti yang Saya katakan sebelumnya, mengingat ada banyak sekali surat lamaran yang masuk, maka agar surat lamaran kerja bisa ditanggapi dengan positif, maka isi surat Anda harus bisa membuat penasaran si pembaca, membangkitkan rasa ingin tahunya tentang Anda sehingga membuatnya ingin bertemu dengan Anda.

Untuk itu surat lamaran kerja Anda harus tampil unik, beda dari surat lamaran kerja yang lain, namun harus tetap diusahakan memenuhi syarat-syaratnya juga.

Kalimat pertama dari surat lamaran kerja, akan sangat menentukan apakah pihak HRD akan meneruskan membaca surat lamaran Anda atau tidak.

Biasanya, surat lamaran yang biasa, kalimat pertamanya adalah Berkaitan dengan iklan lowongan kerja Bapak/Ibu tanggal sekian di harian ABCD, Maka Saya mengirimkan surat lamaran kerja untuk dipertimbangkan sebagai calon pengisi posisi xxxxxx.

Kalau Saya yang jadi HRD-nya, surat semacam ini tidak akan menimbulkan kesan yang istimewa. Coba lihat kalimat pertama dari surat lamaran kerja berikut ini :

Suatu kebanggan bagi Saya untuk dapat bergabung dengan perusahaan xxxx yang merupakan pemimpin pasar selama bertahun-tahun untuk produk ABCD, Saya Joko Santoso ingin bertemu Bapak Joni Pratama sebagai Manager HRD untuk menjelaskan kualifikasi Saya untuk mengisi posisi xxxx yang ditawarkan di media ABCD tanggal xx-xx-xxxx

Saya yakin, si pembaca surat lamaran Anda akan terkejut, sedikit bertanya-tanya, atau lebih tepatnya penasaran dan ada senangnya juga. Mengapa demikian?

Anda telah memuji dengan mengatakan bangga akan bergabung dengan perusahaan yang sukses, pada dasarnya setiap manusia senang dipuji dan tidak suka dikritik. Selain itu dia akan ada rasa penasaran karena Anda “berani” secara tidak langsung mengatakan Anda calon karyawan yang tahu persis apa yang Anda mau.

Jangan lupa untuk “menonjolkan” kelebihan Anda pada kalimat berikutnya. Kalimat kedua ini sebaiknya menunjukkan mengapa Anda adalah kandidat yang sangat pantas.

Misalkan : Berdasarkan pengalaman kerja yang solid di bidang ABCD selama 3 tahun dan ditambah dengan prestasi saya di bidang ABCD maka Saya yakin mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan Anda.

Misalnya Anda tidak punya pengalaman pun, Anda bisa tonjolkan latar belakang pendidikan Anda. Misalnya : Berdasarkan latar belakang pendidikan Saya di salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang sangat sesuai di bidang ABCD maka Saya yakin bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

Intinya, berikan kesan bahwa Anda adalah seseorang yang mampu memberikan kontribusi dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Terpopuler

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Tes Seleksi Kerja

Panggilan untuk mengikuti tes seleksi kerja umumnya dilakukan melalui telepon. Karena itu, pada waktu Anda menerima telepon dari mereka, jangan lupa Anda tanyakan dan catat hal-hal ini di selembar kertas. 1. Lokasi Pelaksanaan Tes Meskipun ini akan diberitahukan secara otomatis, jika Anda merasa belum tahu gambaran daerahnya, mintalah keterangan lebih lanjut, misalnya patokan lokasi gedungnya, ada di sebelah mana dari Rumah Sakit A atau Sebelah mananya Gedung ABCD, atau kalau dari Jalan AXYZ, ke Gedung itu ada di sebelah kiri atau kanan jalan, dsb. 2. Waktu Pelaksanaan Tes Ini sangat penting, jangan sampai Anda terlambat datang karena Anda langsung dinilai negatif, Anda sendiri akan merasa tidak tenang dalam menjalani tesnya. Kalau perlu, sebelum hari pelaksanaan, Anda survey lokasi tes, misalnya Anda naik motor, coba jalani rute yang sama dengan rute sebenarnya, jadi Anda akan tahu persis kira2 perlu waktu berapa lama untuk sampai. 3. Barang-barang yang harus Anda Bawa Jan

11 Bagian Curriculum Vitae Yang Harus Anda Ketahui

Sebuah CV pada umumnya terdiri dari 11 bagian, namun penggunaannya tentu harus disesuaikan dengan keadaan Anda sendiri. 1. Pengirim (Heading) (Nama: …, Alamat: …, Telepon: …, Email :…) (Name: …, Address: …, Phone: …, Email :…) Bagian ini yang terletak di bagian paling atas. Dimulai dengan nama lengkap dengan gelar (Banyak buku mangajarkan tanpa gelar, karena buku ini terjemahan buku Amerika, di Indonesia gelar sangat dihargai, karena itu Anda harus cantumkan), alamat lengkap, nomor telepon rumah dan handphone dan alamat email. 2. Jabatan yang di-inginkan (Objectives) Objectives yang baik selalu focus pada satu posisi saja, misalnya Management Trainee, Sales Staff, Financial Controller dan lain-lain. 3. Pengalaman Kerja (Work Experience) (Jenis Pekerjaan: …, Waktu Kerja: …, Nama Perusahaan : …., Pencapaian : …., Proyek : …, Tugas : …) (Job Title : …, Dates : …., Employer : …, Accomplishments: …, Projects : …., Major Duties : ….) Ini adalah bagian yang terpenting dib

Anda juga perlu dokumen dalam surat lamaran kerja

Selain Surat Lamaran dan CV, berkas lamaran juga harus dilengkapi dengan dokumen tercetak. Dokumen ini berfungsi sebagai alat bukti bahwa semua keterangan yang dicantumkan dalam surat lamaran dan CV adalah benar. Dokumen yang terdapat dalam berkas lamaran biasanya terdiri dari : 1. Foto : biasanya ukuran 3x4 atau 4x6 berwarna, 1 lembar. 2. Foto Copy KTP, 1 lembar 3. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir, masing 1 lembar 4. Foto Copy sertifikat kursus, workshop atau seminar dll 5. Foto Copy penghargaan2 yang Anda cantumkan dalam CV. Pastikan semua hasil foto copy dokumen tersebut jelas dan mudah terbaca. Khusus untuk foto, pilihlah foto dengan pose normal, seperti umumnya pas photo biasa. Usahakan Anda terlihat rapi. Setelah Semua Anda buat, Surat lamaran, CV dan Dokumen yang dibutuhkan, beginilah cara Anda menyusunnya. Surat Lamaran ada di bagian paling atas, dibagian kiri atas, jepitkan dengan paper clip, foto copy KTP dan Foto Anda. Kemudian bawah