Skip to main content

Ini biasanya yang harus Anda isi dalam Surat Lamaran

1. Nama : Tulis nama lengkap, jangan disingkat

2. Alamat : Tulis alamat lengkap, sesuai KTP atau SIM

3. Nomor KTP/SIM : isi dengan benar

4. Posisi yang di-inginkan : tulis posisi yang hendak Anda lamar

5. Keluarga : tuliskan nama Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Suami/Istri, sekolah mereka, pendidikannya, bekerja dimana. Isi sesuai kenyataan, jangan berbohong

6. Pendidikan : Isi riwayat sekolah Anda, nama sekolah, tahun belajar, tahun lulus, jurusan dan prestasi Anda
7. Kegiatan Ekstrakurikuler : Tuliskan kegiatan2 yang Anda ikuti dulu
8. Pengalaman Organisasi : Tuliskan nama, Tahun dan nama organisasinya
9. Kursus/Seminar/Workhsop : Isi semua dengan kegiatan

yang pernah Anda ikuti.

10. Pengalaman Kerja : Tulis semua dengan benar, tahun Anda bekerja, posisi Anda, nama atasan, gaji Anda dan alasan Anda mau pindah
11. Riwayat Kesehatan : Apakah Anda pernah dioperasi, pernah sakit berat, pernah rawat inap, punya sakit alergi dsb. Isi dengan benar, karena pada akhirnya akan ada tes kesehatan dari Rumah Sakit

12. Gaji yang di-inginkan : Tulis gaji yang Anda inginkan. Saya akan memperlengkapi Anda dengan standard gaji di berbagai perusahaan agar Anda tahu nilai Anda dan mendapat gaji maksimal.

13. Kesediaan Untuk Mulai Bekerja Jika Diterima : Tuliskan kapan Anda bisa masuk kerja jika diterima, jika Anda fresh graduate, tulis saja secepatnya Saya diterima, namun jika Anda sekarang sedang bekerja di perusahaan lama, Anda tulis sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk mengajukan surat resign.

14. Apakah Anda Bersedia Ditempatkan Di seluruh Wilayah Indonesia? Ini biasanya untuk menguji keseriusan Anda, sebaiknya jawab Ya.
15. Referensi : Tuliskan nama orang yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai Anda. Lebih baik lagi jika orang ini adalah orang berpengaruh atau yang memiliki pengalaman di bidang kerja yang akan Anda masuki ini.

16. Apakah Anda Bersedia Mengikuti Masa Percobaan? :

Jawab Ya

17. Apa Alasan Anda Melamar di Perusahaan Ini? Jawablah dengan jawaban positif, misalnya mengembangkan karier, menerapkan ilmu yang Anda dapat selama Anda kuliah. Jangan menjawab dengan negative, misalnya : Gaji saya yang sekarang terlalu rendah, atau atasan Saya kolot dsb.

18. Apa Hobby Anda? Isi dengan yang positif, misalnya membaca, olahraga, jangan isi dengan negative, misalnya tidur, main game komputer dsb.

19. Apa Anda bersedia Dinas ke Luar Kota? Jawab : Ya

20. Apakah Anda Bersedia Lembur? : Jawab Ya

Hal-Hal yang Perlu Anda perhatikan dalam mengisi formulir

1. Tulisan Anda harus jelas dan rapi, jangan ada coretan2. Tulis dengan huruf Balok jangan latin.

2. Baca dengan hati-hati gara jawaban yang Anda isi sesuai dengan pertanyaan
3. Tulis dengan Pena, kalau ada yang salah, pakai tipe-ex, jangan coret2

4. Jangan lupa nama dan tanda tangan Anda.

Terpopuler

Bagian-Bagian Penting Dari Surat Lamaran Kerja Yang Harus Diperhatikan

Berikut ini adalah bagian-bagian penting dari surat lamaran yang harus diperhatikan :

A. Informasi Pelamar

Pada bagian atas surat lamaran kerja cantumkan nama lengkap dan gelar, alamat lengkap Anda, nomor telpon Anda, HP dan rumah, alamat email.

B. Tanggal dan Tahun Penulisan Surat Lamaran Kerja

C. Nama pihak yang dituju dan Jabatannya, Nama
Perusahaan dan alamatnya.
Hal penting yang perlu diperhatikan adalah, sedapat mungkin tuliskan nama yang dituju dengan spesifik, hindari menulis surat lamaran yang ditujukan kepada orang yan terlalu umum, misalnya :
Kepada yth Manager HRD , atau Dear Sir or Madam, dsb
Jadi Anda punya tugas untuk mencari tahu nama orang tersebut, Anda bisa cari tahu dengan cara menelepon ke perusahaan tersebut, atau browsing di internet.

D. Salam Pembuka

E. Tuliskan Dimana Anda menemukan iklan lowongan kerja ini dan posisi apa yang Anda inginkan.

F. Perkenalan Diri
Disinilah Anda cantumkan kalimat pertama

G. Tuliskan Kemampuan Anda, Keterampilan dan Pengalaman yang…

11 Bagian Curriculum Vitae Yang Harus Anda Ketahui

Sebuah CV pada umumnya terdiri dari 11 bagian, namun penggunaannya tentu harus disesuaikan dengan keadaan Anda sendiri.

1. Pengirim (Heading)
(Nama: …, Alamat: …, Telepon: …, Email :…)
(Name: …, Address: …, Phone: …, Email :…)Bagian ini yang terletak di bagian paling atas. Dimulai dengan nama lengkap dengan gelar (Banyak buku mangajarkan tanpa gelar, karena buku ini terjemahan buku Amerika, di Indonesia gelar sangat dihargai, karena itu Anda harus cantumkan), alamat lengkap, nomor telepon rumah dan handphone dan alamat email.

2. Jabatan yang di-inginkan (Objectives)

Objectives yang baik selalu focus pada satu posisi saja, misalnya Management Trainee, Sales Staff, Financial Controller dan lain-lain.

3. Pengalaman Kerja (Work Experience)

(Jenis Pekerjaan: …, Waktu Kerja: …, Nama Perusahaan : …., Pencapaian : …., Proyek : …, Tugas : …)

(Job Title : …, Dates : …., Employer : …, Accomplishments: …, Projects : …., Major Duties : ….)Ini adalah bagian yang terpenting dibandingkan dengan b…

Teknik Menulis Surat lamaran Kerja

Banyak orang yang mengira bahwa setiap surat lamaran kerja yang mereka kirimkan pasti akan dilihat satu-per-satu oleh pihak HRD. Kenyataannya?

Ternyata dari penelitian, 83% dari orang yang menyeleksi surat lamaran kerja dan CV hanya memakai kurang dari 1 menit saja untuk menyortir 1 surat lamaran kerja, artinya tiap surat lamaran kerja yang masuk hanya dilihat sekilas saja.

Nah, bagaimana agar surat lamaran kerja Anda bisa termasuk yang diperhatikan?

Seperti yang Saya katakan sebelumnya, mengingat ada banyak sekali surat lamaran yang masuk, maka agar surat lamaran kerja bisa ditanggapi dengan positif, maka isi surat Anda harus bisa membuat penasaran si pembaca, membangkitkan rasa ingin tahunya tentang Anda sehingga membuatnya ingin bertemu dengan Anda.

Untuk itu surat lamaran kerja Anda harus tampil unik, beda dari surat lamaran kerja yang lain, namun harus tetap diusahakan memenuhi syarat-syaratnya juga.

Kalimat pertama dari surat lamaran kerja, akan sangat menentukan apakah pihak HR…