Skip to main content

Ini biasanya yang harus Anda isi dalam Surat Lamaran

1. Nama : Tulis nama lengkap, jangan disingkat

2. Alamat : Tulis alamat lengkap, sesuai KTP atau SIM

3. Nomor KTP/SIM : isi dengan benar

4. Posisi yang di-inginkan : tulis posisi yang hendak Anda lamar

5. Keluarga : tuliskan nama Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Suami/Istri, sekolah mereka, pendidikannya, bekerja dimana. Isi sesuai kenyataan, jangan berbohong

6. Pendidikan : Isi riwayat sekolah Anda, nama sekolah, tahun belajar, tahun lulus, jurusan dan prestasi Anda
7. Kegiatan Ekstrakurikuler : Tuliskan kegiatan2 yang Anda ikuti dulu
8. Pengalaman Organisasi : Tuliskan nama, Tahun dan nama organisasinya
9. Kursus/Seminar/Workhsop : Isi semua dengan kegiatan

yang pernah Anda ikuti.

10. Pengalaman Kerja : Tulis semua dengan benar, tahun Anda bekerja, posisi Anda, nama atasan, gaji Anda dan alasan Anda mau pindah
11. Riwayat Kesehatan : Apakah Anda pernah dioperasi, pernah sakit berat, pernah rawat inap, punya sakit alergi dsb. Isi dengan benar, karena pada akhirnya akan ada tes kesehatan dari Rumah Sakit

12. Gaji yang di-inginkan : Tulis gaji yang Anda inginkan. Saya akan memperlengkapi Anda dengan standard gaji di berbagai perusahaan agar Anda tahu nilai Anda dan mendapat gaji maksimal.

13. Kesediaan Untuk Mulai Bekerja Jika Diterima : Tuliskan kapan Anda bisa masuk kerja jika diterima, jika Anda fresh graduate, tulis saja secepatnya Saya diterima, namun jika Anda sekarang sedang bekerja di perusahaan lama, Anda tulis sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk mengajukan surat resign.

14. Apakah Anda Bersedia Ditempatkan Di seluruh Wilayah Indonesia? Ini biasanya untuk menguji keseriusan Anda, sebaiknya jawab Ya.
15. Referensi : Tuliskan nama orang yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai Anda. Lebih baik lagi jika orang ini adalah orang berpengaruh atau yang memiliki pengalaman di bidang kerja yang akan Anda masuki ini.

16. Apakah Anda Bersedia Mengikuti Masa Percobaan? :

Jawab Ya

17. Apa Alasan Anda Melamar di Perusahaan Ini? Jawablah dengan jawaban positif, misalnya mengembangkan karier, menerapkan ilmu yang Anda dapat selama Anda kuliah. Jangan menjawab dengan negative, misalnya : Gaji saya yang sekarang terlalu rendah, atau atasan Saya kolot dsb.

18. Apa Hobby Anda? Isi dengan yang positif, misalnya membaca, olahraga, jangan isi dengan negative, misalnya tidur, main game komputer dsb.

19. Apa Anda bersedia Dinas ke Luar Kota? Jawab : Ya

20. Apakah Anda Bersedia Lembur? : Jawab Ya

Hal-Hal yang Perlu Anda perhatikan dalam mengisi formulir

1. Tulisan Anda harus jelas dan rapi, jangan ada coretan2. Tulis dengan huruf Balok jangan latin.

2. Baca dengan hati-hati gara jawaban yang Anda isi sesuai dengan pertanyaan
3. Tulis dengan Pena, kalau ada yang salah, pakai tipe-ex, jangan coret2

4. Jangan lupa nama dan tanda tangan Anda.

Terpopuler

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengikuti Tes Seleksi Kerja

Panggilan untuk mengikuti tes seleksi kerja umumnya dilakukan melalui telepon. Karena itu, pada waktu Anda menerima telepon dari mereka, jangan lupa Anda tanyakan dan catat hal-hal ini di selembar kertas. 1. Lokasi Pelaksanaan Tes Meskipun ini akan diberitahukan secara otomatis, jika Anda merasa belum tahu gambaran daerahnya, mintalah keterangan lebih lanjut, misalnya patokan lokasi gedungnya, ada di sebelah mana dari Rumah Sakit A atau Sebelah mananya Gedung ABCD, atau kalau dari Jalan AXYZ, ke Gedung itu ada di sebelah kiri atau kanan jalan, dsb. 2. Waktu Pelaksanaan Tes Ini sangat penting, jangan sampai Anda terlambat datang karena Anda langsung dinilai negatif, Anda sendiri akan merasa tidak tenang dalam menjalani tesnya. Kalau perlu, sebelum hari pelaksanaan, Anda survey lokasi tes, misalnya Anda naik motor, coba jalani rute yang sama dengan rute sebenarnya, jadi Anda akan tahu persis kira2 perlu waktu berapa lama untuk sampai. 3. Barang-barang yang harus Anda Bawa Jan

11 Bagian Curriculum Vitae Yang Harus Anda Ketahui

Sebuah CV pada umumnya terdiri dari 11 bagian, namun penggunaannya tentu harus disesuaikan dengan keadaan Anda sendiri. 1. Pengirim (Heading) (Nama: …, Alamat: …, Telepon: …, Email :…) (Name: …, Address: …, Phone: …, Email :…) Bagian ini yang terletak di bagian paling atas. Dimulai dengan nama lengkap dengan gelar (Banyak buku mangajarkan tanpa gelar, karena buku ini terjemahan buku Amerika, di Indonesia gelar sangat dihargai, karena itu Anda harus cantumkan), alamat lengkap, nomor telepon rumah dan handphone dan alamat email. 2. Jabatan yang di-inginkan (Objectives) Objectives yang baik selalu focus pada satu posisi saja, misalnya Management Trainee, Sales Staff, Financial Controller dan lain-lain. 3. Pengalaman Kerja (Work Experience) (Jenis Pekerjaan: …, Waktu Kerja: …, Nama Perusahaan : …., Pencapaian : …., Proyek : …, Tugas : …) (Job Title : …, Dates : …., Employer : …, Accomplishments: …, Projects : …., Major Duties : ….) Ini adalah bagian yang terpenting dib

Anda juga perlu dokumen dalam surat lamaran kerja

Selain Surat Lamaran dan CV, berkas lamaran juga harus dilengkapi dengan dokumen tercetak. Dokumen ini berfungsi sebagai alat bukti bahwa semua keterangan yang dicantumkan dalam surat lamaran dan CV adalah benar. Dokumen yang terdapat dalam berkas lamaran biasanya terdiri dari : 1. Foto : biasanya ukuran 3x4 atau 4x6 berwarna, 1 lembar. 2. Foto Copy KTP, 1 lembar 3. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir, masing 1 lembar 4. Foto Copy sertifikat kursus, workshop atau seminar dll 5. Foto Copy penghargaan2 yang Anda cantumkan dalam CV. Pastikan semua hasil foto copy dokumen tersebut jelas dan mudah terbaca. Khusus untuk foto, pilihlah foto dengan pose normal, seperti umumnya pas photo biasa. Usahakan Anda terlihat rapi. Setelah Semua Anda buat, Surat lamaran, CV dan Dokumen yang dibutuhkan, beginilah cara Anda menyusunnya. Surat Lamaran ada di bagian paling atas, dibagian kiri atas, jepitkan dengan paper clip, foto copy KTP dan Foto Anda. Kemudian bawah