Ini biasanya yang harus Anda isi dalam Surat Lamaran

1. Nama : Tulis nama lengkap, jangan disingkat

2. Alamat : Tulis alamat lengkap, sesuai KTP atau SIM

3. Nomor KTP/SIM : isi dengan benar

4. Posisi yang di-inginkan : tulis posisi yang hendak Anda lamar

5. Keluarga : tuliskan nama Ayah, Ibu, Kakak, Adik, Suami/Istri, sekolah mereka, pendidikannya, bekerja dimana. Isi sesuai kenyataan, jangan berbohong

6. Pendidikan : Isi riwayat sekolah Anda, nama sekolah, tahun belajar, tahun lulus, jurusan dan prestasi Anda
7. Kegiatan Ekstrakurikuler : Tuliskan kegiatan2 yang Anda ikuti dulu
8. Pengalaman Organisasi : Tuliskan nama, Tahun dan nama organisasinya
9. Kursus/Seminar/Workhsop : Isi semua dengan kegiatan

yang pernah Anda ikuti.

10. Pengalaman Kerja : Tulis semua dengan benar, tahun Anda bekerja, posisi Anda, nama atasan, gaji Anda dan alasan Anda mau pindah
11. Riwayat Kesehatan : Apakah Anda pernah dioperasi, pernah sakit berat, pernah rawat inap, punya sakit alergi dsb. Isi dengan benar, karena pada akhirnya akan ada tes kesehatan dari Rumah Sakit

12. Gaji yang di-inginkan : Tulis gaji yang Anda inginkan. Saya akan memperlengkapi Anda dengan standard gaji di berbagai perusahaan agar Anda tahu nilai Anda dan mendapat gaji maksimal.

13. Kesediaan Untuk Mulai Bekerja Jika Diterima : Tuliskan kapan Anda bisa masuk kerja jika diterima, jika Anda fresh graduate, tulis saja secepatnya Saya diterima, namun jika Anda sekarang sedang bekerja di perusahaan lama, Anda tulis sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk mengajukan surat resign.

14. Apakah Anda Bersedia Ditempatkan Di seluruh Wilayah Indonesia? Ini biasanya untuk menguji keseriusan Anda, sebaiknya jawab Ya.
15. Referensi : Tuliskan nama orang yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut mengenai Anda. Lebih baik lagi jika orang ini adalah orang berpengaruh atau yang memiliki pengalaman di bidang kerja yang akan Anda masuki ini.

16. Apakah Anda Bersedia Mengikuti Masa Percobaan? :

Jawab Ya

17. Apa Alasan Anda Melamar di Perusahaan Ini? Jawablah dengan jawaban positif, misalnya mengembangkan karier, menerapkan ilmu yang Anda dapat selama Anda kuliah. Jangan menjawab dengan negative, misalnya : Gaji saya yang sekarang terlalu rendah, atau atasan Saya kolot dsb.

18. Apa Hobby Anda? Isi dengan yang positif, misalnya membaca, olahraga, jangan isi dengan negative, misalnya tidur, main game komputer dsb.

19. Apa Anda bersedia Dinas ke Luar Kota? Jawab : Ya

20. Apakah Anda Bersedia Lembur? : Jawab Ya

Hal-Hal yang Perlu Anda perhatikan dalam mengisi formulir

1. Tulisan Anda harus jelas dan rapi, jangan ada coretan2. Tulis dengan huruf Balok jangan latin.

2. Baca dengan hati-hati gara jawaban yang Anda isi sesuai dengan pertanyaan
3. Tulis dengan Pena, kalau ada yang salah, pakai tipe-ex, jangan coret2

4. Jangan lupa nama dan tanda tangan Anda.